Migrasi Dokumen


Kemarin, Ms windows di kantor, mengalami masalah. Tiap kali mau login, komputer kembali booting. Lalu saya coba booting dengan safe mode, ternyata berhasil.

Lalu seperti biasanya kalo MS windows error,langkah pertama, saya scandisk untuk memeriksa kesehatan hardisk. Ini karena kebiasaan listrik di sini suka byar pet,sehingga dugaan saya, kemungkinan file windows ada yang corrupt. Setelah itu saya coba recovery dan kemudian rebooting.

Ternyata, windows tetap tidak mau jalan. Karena sudah pusing,akhirnya saya menyerah dan pakai solusi terakhir. INSTAL ULANG WINDOWS.
Dari sini timbul masalah lagi. Ketika instal,tidak ada pilihan repair dan pilihannya hanya instal bersih dan diformat. Padahal data-data ada di Folder My Document,yang secara default berada di drive C.
Untungnya, saya punya simpanan CD Knoppix. Saya booting komputer dengan Knoppix dan kemudian akhirnya bisa membackup data di USB hardisk. Alhamdulillah, akhirnya saya bisa instal windows dengan tenang.
Agar data lebih aman, saya pindahkan My Document ke drive D. Adapun langkah langkahnya adalah sebagai berikut.
1. Buka My Computer-tekan tombol Windows+e
2. Membuat folder baru di drive D,misalkan Dokumenku.
3. Lalu klik kanan di folder my document
4. Pilih properties
5. Lalu klik Move
6. Pada Select destination, pilih D:\Dokumenku,lalu klik OK.
6. klik apply. Sekarang my document sudah di drive D.
Akhirnya aku cari makan siang. Lapar gara2 MaS Windows:-)

Satu Tanggapan

  1. Kang Mad, sejak tahu bahwa hard disk bisa dipartisi saya selalu menyimpan data di partisi yang terpisah dengan sistem dan berkas program. Saya mempartisi sendiri kagak bisa, bisanya minta orang untuk mempartisi. Hahaha… gagap deh kalau disuruh mempartisi sendiri. Mau pakai partition magic bayar ya…?

    @saya pernah pake fdisk. Busyet. Data hilang semua. Sekarang, sebelum instal windows, hardisk dipartisi.
    Kalo bajakan sih ndak bayar.:-)
    Tapi stop bajakan.

Tinggalkan Balasan

