AVATAR


Salah satu hobiku sejak kecil adalah menonton film kartun. Sampai sekarang aku masih sering menonton film kartun, walaupun banyak orang yang mengolok-olok aku seperti anak kecil. Film-film kartun yang biasa kutonton di televisi antara lain Doraemon, Tom and Jerry, Sinchan,Sponge Bob,Chalk Zone dan juga Avatar.
Salah satu alasan aku suka menonton film kartun adalah untuk hiburan. Tingkah laku tokoh dalam kartun tersebut kadang membuat aku bisa tersenyum bahkan bisa tertawa. Hal ini bisa mengurangi kejenuhan dan mengurangi stres akibat rutinitas pekerjaan yang tiada henti.
Selain untuk hiburan, beberapa cerita dalam film kartun juga mempunyai pesan-pesan positif. Jika kita bisa mengambil pesan positif dari film-film tersebut, maka kita bisa memakainya untuk kehidupan sehari-hari. Oleh karenanya penting sekali menemani anak kecil ketika menonton film kartun agar kita bisa menjelaskan pesan-pesan yang terkandung dalam film tersebut.

Tadi pagi aku menonton film Avatar : The Legend Of Aang. Film tersebut menceritakan perjalanan Aang, seorang pengendali udara yang terpilih menjadi Avatar, pergi menuju kutub utara untuk menguasai ilmu pengendali api,tanah dan air. Ini dilakukan karena (menurut ceritanya) hanya Avatar yang bisa menandingi kekuatan Raja Api yang jahat. Dalam perjalanannya, Aang ditemani Katara, pengendali air, dan kakaknya.
Suatu ketika, mereka singgah di desa tempat para pengendali tanah dan di sana mereka bertemu dengan seorang pemuda yang bernama Haru. Waktu itu dia sedang berlatih ilmu mengendalikan tanah secara sembunyi-sembunyi. Dia berlatih secara sembunyi-sembunyi karena jika dipergoki pasukan Kerajaan Api, dia bisa ditangkap, menyusul ayahnya yang terlebih dahulu ditangkap.
Meskipun menyembunyikan identitasnya sebagai pengendali tanah, akhirnya Haru tertangkap juga. Ini terjadi karena Haru menggunakan ilmunya untuk menolong seorang kakek yang terjebak di gua dan kakek tersebut yang melaporkan identitas Haru kepada pasukan Kerajaan Api.
Karena Aang dan kawan-kawan sudah kenal baik dengan Haru, mereka kemudian mengatur siasat untuk menyelamatkan Haru. Ketika ada sekelompok pasukan Kerajaan Api lewat, Katara berpura-pura bisa mengendalikan tanah dan akhirnya siasat mereka berhasil. Katara ditangkap dan dimasukkan ke penjara tempat Haru dan pengendali tanah lainnya ditahan.
Penjara tersebut berada di tengah-tengah laut. Jarak dari daratan sangatlah jauh. Lokasi penjara ini diatur demikian agar para pengendali tanah tidak bisa menggunakan tanah sebagai senjata untuk melawan para pasukan kerajaan Api.
Akhirnya Katara bisa bertemu Haru di penjara tersebut. Katara merasa terharu menyaksikan kondisi para pengendali tanah yang dipenjara. Mereka dipaksa bekerja keras dengan diberikan makanan apa adanya. Selain itu banyak mereka yang sakit karena kedinginan disebabkan penjaranya di udara terbuka.
Mengetahui kondisi tersebut, Katara berusaha memompa semangat orang-orang di penjara tersebut agar mereka bisa keluar. Tapi ternyata usaha Katara sia-sia. Mereka sudah putus asa dengan keadaannya. Mereka beranggapan tidak akan mampu keluar dari penjara tersebut karena ilmu mereka tidak terpakai di tempat yang tidak ada tanah.
Meskipun begitu, Katara tidak putus asa. Dia terus memberikan semangat agar mereka bisa keluar dari penjara tersebut. Dengan dibantu Aang dan kakak Katara, Katara akhirnya bisa membangkitkan semangat para pengendali tanah untuk melawan pasukan Kerajaan Api dengan menggunakan batubara sebagai senjata karena batubara adalah bagian dari tanah. Selama ini batubara ada di tempat tersebut sebagai bahan bakar. Dan di akhir cerita, para pengendali tanah bisa keluar dari penjara tersebut.

Setelah menonton film tersebut, saya jadi teringat sebuah cerita tentang seorang pesulap yang pernah saya baca di buku Setengah Isi Setengah Kosong. Pesulap ini cukup “sakti”. Dia bisa melakukan banyak trik-trik sulap. Bahkan pesulap ini mampu menyelamatkan diri dari tabung berisi air dengan keadaan terikat hanya dalam beberapa menit.
Mengetahui “kesaktian” pesulap tersebut, seorang presiden mengundangnya untuk beratraksi di negaranya. Kebetulan negara tersebut baru selesai membangun sebuah penjara yang konon paling aman di dunia. Sistem keamanannya berlapis dengan teknologi modern saat ini. Di sekitar penjara tersebut juga dipasang banyak kamera pengintai.
Pada hari yang ditentukan, pesulap tersebut datang ke penjara tersebut. Di sana sudah banyak orang yang menunggu dengan berdebar menanti atraksi yang akan dilakukan pesulap tersebut. Demikian juga para wartawan baik cetak maupun elektronik yang meliput peristiwa tersebut.
Pada jam 10.00 pesulap tersebut masuk ke penjara dalam keadaan dirantai. Dan lima menit kemudian diberi aba-aba untuk mulai melakukan atraksi. Dalam waktu beberapa menit, pesulap tersebut berhasil terlepas dari rantai yang mengikatnya. Dan ketika akan membuka pintu, pesulap tersebut ternyata kesulitan.
Menit demi menit pun telah berlalu. Pesulap tersebut belum mampu membuka pintu. Dia sudah mengeluarkan segala kemampuannya. Para penonton dan wartawan semakin berdebar menanti pesulap tersebut membuka pintu. Sampai jam 16.00, pesulap tersebut belum juga berhasil. Akhirnya dia pun putus asa. Dia tertunduk lesu.Dia berlutut sambil mendorong pintu tersebut. DAN PINTU PUN TERBUKA. TERNYATA PINTU TADI TIDAK TERKUNCI.

Cerita yang serupa terdapat di buku Bahagia Tanpa Batas yang ditulis oleh Hendra Setiawan. Ada seorang pegawai kereta api di Rusia terkunci di dalam sebuah ruangan pendingin. Ia menyerah kepada nasibnya karena tidak dapat keluar dari ruangan itu. Ketika ia merasakan tubuhnya mulai membeku, ia menulis cerita kematiannya di dinding kamar itu.
Ia menulis, “Saya mulai kedinginan. Sekarang bertambah dingin dan tidak ada yang dapat dilakukan selain menunggu. Ini mungkin merupakan kalimat terakhirku.” Memang itulah kata-kata terakhirnya. Dia meningal dunia. Padahal ruangan tersebut suhunya 17 derajat celsius. Alat pendingin di ruang itu rusak. Tidak ada penyebab fisik atas kematiannya. Ia telah menjadi korban dari pikirannya sendiri.

JIKA KITA PUTUS ASA, MAKA JALAN AKAN BUNTU. KITA TIDAK DAPAT MEMIKIRKAN CARA UNTUK MENCAPAI KEBERHASILAN.
DENGAN BERPIKIR POSITIF IDE-IDE BISA MUNCUL DAN MENGHASIKAN TINDAKAN YANG POSITIF.

26 Tanggapan

  1. Kirain tentang avatar2 yang kemarin dihebohkan hehehe…

    @kalo yang itu saya ndak punya ilmunya

  2. orang takut dengan kata-kata
    benar juga yaa bahkan dengan kata2 yang dibuat sendiri
    lalau adakah blogger yang takut dengan kata2nya sendiri
    aku kadang begitu…. seakan dia akan menuntutku di akhirat kelak…

    salam kenal mas

    @takut dengan kata2 bukan berarti tidak berkata2. Salam kenal juga

  3. waHahHhaaa…
    suka avatar jUga thoO..
    ha3
    manG avatar tUw kocak yahh..
    liat aja tampang2 exsprEsi mukany..
    ha3…
    lucu bangattttt😀

    @ ok’s bangeet😀

  4. Jam tayang Avatar mesti ditambahin tuhh, abis ketinggalan mulu hehhee padahal udah ngikutin sampe book II: Earth

    @ jam tayang dah banyak,tuh. Cuma sering diulang dan ndak teratur. Jd agak susah ngikutin.

  5. Seharusnya episode avatar jangan diulang-ulang terus. padahal kan bagus,tp klo diulang2 jd bosen bo……….

    @ iya tuh. Bgamana nih global tv?

  6. Wah kacau G TV apa CD avatarnya hilang semua yach???

    Masa` tiap hari re run terus,CAPE` DEH!!!
    Kalau misalnya CD beli aja Di JAKARTA
    Kan harganya cuma 3000 DOAAAAANNNNNGGGGG!!!
    Kalau Akus Sih gak bisa beli karena jauh >.

  7. Tau gak tempat download avatar..di toko cd(disc tarra) ada tp harganya 19.500,2 chapter..lagian gak lengkap…Mending cari yg gratisan kan…

    @ maaf, saya tidak pernah mencari.

  8. ada lho kk
    coba aja liat di kaskus
    di sana ada download tan lengkap book 1 dan book 2
    tapi masalahnya downloadnya lama banget
    aku sih maleeeessss, tapi kalau kamu aku gak tau kk

    COBA DULU DEH ^^

  9. kk kk semuanya
    aq bisa minta tolong gak
    kalau ada yang nonton di nick ceritain donggg!! tiap hari
    aku soalnya gak ada para bola jadi gak bisa
    jadi aku tiap hari nonton yang di G TV doang

    TOLONG YAAAAAA PLZZZZZZZZZ (T_T)

  10. gimana sich episode terakhirnya film avatar itu?ada yang tahu?Please aq jadi kesel masalahnya tu film diulang-ulang trussss

    @ saya juga bolong2 nontonnya. Ndak tahu tuh, apa maunya global tv.

  11. aku tahu yang terakhir
    itu ceritanya ada aang sama katara di kejar sama azula
    terus akhirnya gelut deh CIAAAT CIAAAT!!!
    habis itu azulanya hampir kalah dan akhirnya ada zuko
    zuko itu bantuin azula, lalu pada waktu itu azula dan zuko hampir kalah juga. terus ada lagi pembantunya ada banyakkkkkkk. habis itu aang dan avatar kalah dan akhirnya aang pake` kekuatan roh
    habis sebelum mengeluarkan jurus, di serang azula duluan. pada waktu aang sekarat. dan katara sudah lelah ada pamannya zuko yang itu tuuuuu. habis itu bantuin dan aang dan katara lari lewat air terjun. terus setelah di sembuhin sama katara abiiiiissss dehhhhh!!!
    nunggu book 3 nya deh, lama banget sih OK
    KALAU MAU LIAT BUKA AJA DI http://WWW.YOUTUBE.COM DAN CARI AVATAR HABIS ITU PILIH PILIH DEH

    @wah wah Pengamat Avatar ya? Thanks infonya

  12. OIIIIIIII ADA BERITA SANGAT HEBOOOOOOOOH DAN BIKIN SENENG PARA PENCINTA AVATAR THE LEGEND OF AANG BUKA YANG AVATAR DI GUNBOUND ATAU YAHOO YAHHH.
    SEKARANG AVATAR YANG DI GLOBAL TV SUDAH GAK RE RUN LAGI YANG SPESIAL 1 JAM.
    MULAINYA JAM 07.00 SAMPE` 08.00
    JANGAN RAJIN RAJIN LIAT TERUS YACH
    NANTI BISA BISA TERLAMBAT KERJA LAGI ATAU BOLOS SEKOLAH ^^

  13. avatar… awalnya ga suka. tapi denger2 crita tmn2 jd kepancing. emang bener. asyik ceritanya. Sponge bob lucu juga lho.

  14. Yuppp..
    Kesan pertama nonton film avatar aja udah bagus!!

    Keren.. hehaha.. trus kocak lagi!

    Akhirnya aq minjem dvd nya sama temen.. heheheh..
    En minjem game ps2 nya sama tmn jga.. meskipun pulangnya musti basah2an karena hujan deras..
    Wakakak.. =p

    Pisss.. Avatar!

  15. aq suka dengan kata2 “jika kita putus asa…….untuk mencapai keberhasilan” n “berpikirlah positif……dan menghasilkan tindakan positif”. tau ga’ itu jadi motivasiku untuk lebih giat lagi selesaikan skripsi.
    btw, avatar itu emang film yang two thumbs up!!!!malah mungkin lebih

  16. Waktu pertama kali liat iklannya sih gak tertarik(abiz kartun buatan amrik 7 tokohnya gak keren).
    Tapi waktu nonton bareng keponakan gw, ternyata gw langsung tertarik,,,
    Tuh film bener-bener keren. negara-negara yang mewakili elemen ntu kalo di dunia nyata ada loh, kalo diibaratin..
    misalnya:
    negara api kalo di dunia nyata mewakili negara…
    nagara air mewakili negara….
    negara tanah mewakili negara…
    negara angin mewakili negara….

    Hayooo ada yang bisa nebak gak?

    @kalau negerinya katara (negara air) kayaknya australi, yg lain ndak tahu saya. Jawabannya apa doong🙂

  17. tolong dong ada ceritanya
    seperti cerita avatar yang ber seri di televisi
    mungkin banyak orang yang menyukainya!
    he 9x!

  18. avatar adl film kartu yang bagus dan menyenangkan . aku minta kapan serial atau episode avatar yang baru.

  19. bwt yg pgen tw trailernya avatar book 3 :fire lnjutan dari book 2 earth.gmn nasib avatar aang yg sekarat setelah di setrum am azula???(mangnya aki)apakah dia berhasil atw tidak dlm misinya utk menyelamatkan dunia. simak halamnya di

    http://youtube.com/user/MetalicAlchemist

    ur eyes will become crazy n can’t close ur eyes even a second

    karena km kan liat perubahan karakter pada tokoh2nya.
    met nikmati yah…!!!

  20. mmmm…….
    ada az

  21. saya juga suka avatar… pertama lihat avatar udah yakin ini film bagus n lucu pastinya, sempat di ejek sama teman2 kos… dah besar kok suka nonton film kartun…. tapi akhirnya semua pada nonton avatar juga… ^_^

  22. wah………..

    CerIta AvatAr tuCh kereNs BuangEt ( tapi booNg orang Gua kaga pernah nonToN)

  23. Hmmm…

    Plis dOng yg Bsa Help Gua teMuin caRa donlot Video ato komiknYa apaTar ….
    Tu Crita Cool bGt…….

  24. oiiiiiiiii tunjukin dimana ngedownload movie avatar yang gratis
    ?

  25. Endingnya g’mna yach jadi penasaran nich.
    aku pengen lihat bagaimana aksi Aang….saat Endingnya….Lok ada yang tahu balas yach..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: