Gucup Antivirus (GAV) : Pelibas Malware.


GAV

Dari hari ke hari negeri ini direpotkan ulah virus (istilah yang umum dikenal untuk malware) yang merajalela. Dari minggu ke minggu laporan serangan virus terus bermunculan. Kemampuan para pembuat virus semakin meningkat seiring dengan perkembangan pengetahuan mereka. Dari hanya membuat worm yang cuma iseng menyembunyikan sampai membuat virus yang menginfeksi file.

Serbuan virus lokal ini sering merepotkan antivirus mancanegara seperti Mac Affee, Norton, AVG dan lain-lain karena mereka bisa mengelabuhi antivirus mancanegara tersebut. Untungnya ada beberapa anak negeri yang dengan sukarela membuat antivirus. Salah satunya adala Yusuf Theresa Patiku., mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Universitas Atmajaya Yogyakarta yang biasa dipanggil Gucup. Gucup membuat antivirus yang diberi nama GUCUP ANTIVIRUS (GAV).

GAV dibuat dengan Microsoft Visual Studio .Net 2003 dengan bahasa pemrograman C#. Karenanya antivirus ini memerlukan dot Net Framework terinstal di komputer agar bisa berjalan. Beberapa fitur yang ada sebagaimana tercantumdi file readme adalah :

* Memory system scanning
* Scanning All files
* Scanning Compressed files (.zip and .rar) [Optional, if you activate]
* Multi Selection Drive Scanning
* Good Accurate and Method Scanning
* Fast Scanning (Depending on your computer spesification)
* Recover Folder and Files
* Show All Hidden Folder [Optional, if you activate]
* Portable
* Friendly Inferface & Use
* Estimate Scanning with ProgressBar
* Percentage of Scanning Progress
* GAV Engine 2.0
* Log Off, Restart, Shutdown, and Lock Computer Menu
* Log File
* Sertificate Software from Softpedia (http://www.softpedia.com/get/Antivirus/GAV.shtml)
* Recover Registry [optional, if you activate]
* Show Hidden Folder(s) Selection
* Show Hidden File(s) Selection
* Set Registered Organization and Owner Registry Value
* Run Application Facility
* Process List
* Improve Technology and Quality

Dan sejak versi 2.4.7 GAV mempunyai fitur tambahan yaitu:

*  Memisahkan file Documen dari Malware [ for : Backdoor.Win32.Delf.axz, Trojan.Win32.Delf.aav, Worm.Win32.Delf.cd ]

  * Memisahkan  file aplikasi dari Malware [ for : DeulleDo-X [2], Virus.Win32.Delf.bk]

Yang saya suka dari GAV adalah updatenya cukup cepat, hanya selang beberapa hari. Jika komputer anda terserang malware dan GAV belum bisa mendeteksi, file malware bisa diupload ke http://www.4shared.com/dir/2620108/280269d2/Malware_Sample.html

Sedangkan tempat download GAV adalah di sini

Sumber :

maseko.com/2007/05/03/gucup-antivirus-gav/

inf.uajy.ac.id/berita-kampus/ gav-gucup-antivirus-antivirus-karya-mahasiswa-teknik-informatika-uajy/

48 Tanggapan

  1. @madsyair
    Terimakasih karena telah memuat berita tentang GAV (Gucup Antivirus). Sebagai developer, GAV akan selalu saya kembangkan dan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan user sehingga sesuai dengan perkembangan dunia IT khususnya dalam bidang malware. Dukungan dari user sangat diharapkan untuk pengembangan GAV ke depan ke arah yang lebih baik.

    Best Regards,

    Yusuf Theretsa Patiku

    @ sama-sama. Trima kasih sudah membuat antivirus yang cukup membantu mengatasi malware2 lokal. Semoga fitur GAV semakin baik.

  2. selamat selamat…mudah mudahan pengembangannya tidak cepat ngos ngosan dan kehabisan darah…;)

    @ amiin. Kalo kehabisan darah, bisa hubungi pak dokter,ya?

  3. @All
    News update, Gucup Antivirus 2.4.6 yang sudah saya upload di situsnya softpedia sudah dapat mengambil document yang diinfeksi oleh malware Backdoor.Win32.Delf.axz. Jadi hampir dapat dipastikan jika anda menggunakan GAV untuk men-scan maka document anda akan dikembalikan ke sedia kala (.doc dan .xls). File yang dikembalikan langsung di jadikan dalam 2 format yakni .doc dan .xls, dengan tujuan menghindari kesalahan persepsi apakah file tersebut file word atau excel. Tinggal anda mencoba sendiri file tersebut, mana yang bisa dieksekusi maka itulah file sebenarnya.

    Demikian informasi ini dibuat sebagaimana mestinya dan semoga bermanfaat.

    Regards,

    Yusuf T.P.

    @maksudnya, Backdoor.Win32.Delf.axz itu malware kspoold yang mengifeksi file word dan excel sehingga menjadi file berekstensi exe? Oh,ya. Maaf,di tulisan belum ada link download, download GAV di http://www.softpedia.com/get/Antivirus/GAV.shtml

    Dan untuk net framework download di http://msdn2.microsoft.com/en-us/netframework/aa569263.aspx

    Update 20 juni 2007

    Saya sudah mencoba membersihkan sampel file yg terinfeksi KSpoold, dan GAV berhasil merecovery file tersebut. Saluut. Trima kasih mas gucup.

  4. Sama-sama, tidak hanya Backdoor.Win32.Delf.axz tapi juga untuk malware Trojan.Win32.Delf.aav, Worm.Win32.Delf.cd. Tidak hanya itu tapi Malware DeulleDo-X [2], Virus.Win32.Delf.bk GAV juga sudah bisa untuk memisahkan file aplikasi malware dan aplikasi sebenarnya.

    Makasih dan semoga bermanfaat.

    Best Regards,

    Yusuf T.P.

  5. Mas GUCUP..

    AntiVirnya dah aku download, tapi setelah selesai download, kemudian aku zip file-filenya, justru katanya BAD Zip header Found. Tapi saya tetap memilih yes.
    Kemudian setelah selesai menginstallnya, justru antiVir anda error dan tidak dapat digunakan. ada pesan error yg tertulis di dalamnya GAV.exe is not valid Win32 application.

    Maksudnya apa tuh mas ??

    Trus solusinya gimana supaya saya dapat menggunakan AntiVir buatan anda ?
    Sayang kan, kalau antiVir buatan anak bangsa yang sudah dibuat dengan jerih payah, justru tidak dapat digunakan.

    Mohon bantuannya,,

  6. salam kenal mas
    saya juga sama seperti bung tedong
    setelah saya selesai download dan jalankan file zipnya,ga bisa…
    kenapa ya??
    truz kenapa saya mau download dr sitis maseko.com koq ga bisa2 y???
    mohon petunjuknya……

    @ maaf, saya belum bisa mengecek, soalnya sedang di lapangan, listing susenas 2007.

  7. @tedonk_prematur and hwoarangCool

    Saya sudah mencoba download dari situsnya softpedia dan ketika saya ekstrak lancar2 saja kok baik menggunakan winrar ataupun winzipnya sendiri. Coba gunakan tools ekstrak lain like winrar ataupun winzip yang versi di atasnya.

    Makasih dan semoga membantu.

    Regards,

    Yusuf T.P.

    @Ya,mas. Baru saja saya download, berhasil kok. Ndak ada masalah ketika saya ekstrak pake punyanya win xp, ndak masalah. Mungkin file-nya corrupt waktu download. Coba pake browser opera. Downloadnya bisa resume kalau gagal.

  8. mas tq ya, kemaren aku pake avira, bkav, ma pcmav, virus win32 di komp ku ga ke detec, trus aku baca di i’net, ada GAV, trus aku d’load, trus di scan, eh ternyata si jin win32 yang udah besemedi sekian bulan di komp ku bersih total, tq, yayayayayaya

    oia satu lagi mas kok seperti nya ada masalah di extract file zipnya ya,,, gimana donk….

    @di kompi ada jin? Dah ngajukan 3 permintaan/belum?🙂 coba klik kanan file zipnya, lalu extract . Btw, dah coba yg trbaru? GAV sudah versi 2.5.2

  9. @Indra
    Sama-sama. Mengenai file yang di ekstrak bermasalah saya belum mendapat laporan. Mungkin anda bisa mencoba Gucup Antivirus 2.5.2 atau yang bentar lagi sudah bisa di download Gucup Antivirus 2.5.3. Jika masih mengalami hal yang sama coba anda ambil screen shootnya dan kirim ke saya.

    Makasih dan semoga membantu.

  10. kang yusup engkau penyelamat pahlawanku, arsip doukumen kantorku jadi bisa terselamatkan (walaupun hanya 50 %, karena malah terhapus oleh antivirus luar negeri terkenal (bitdefender))..
    hebat bener antivirus luar negeri aja ‘keok’ gak bisa ngembaliin dokumen yg terinfeksi, bisanya hanya menghapus (sialan, gw kena ‘getahnya’):)
    yg bikin TROJAN.WIN32.DELF.AAV semoga arwahnya diterima di sisi-NYA

    @ Saya juga terbantu dengan software buatannya mas Gucup.

  11. @Hendra
    Makasih atas supportnya. Saat ini juga sudah ada malware yang menempel file jpg tetapi jika malware tersebut di run file jpg kita tidak terpisah layaknya malware seperti ini sebelumnya. Gucup Antivirus 2.5.4 sudah berhasil untuk memisahkan file malware dan file jpgnya sehingga mudah-mudahan bisa diselamatkan.

    Makasih dan semoga membantu.

  12. dah donlod versi 2.5.4 tp msh blm bisa recover/repair file extensi .dbf yg ditempeli kspoold …

    @ Belum bisa, ya? Bagaimana mas Gucup?

  13. @yusuf
    kemaren2 ada arsip kantor juga kena virus yang merubah file word jadi file gambar *.bmp virus apa ya ?… udah saya hapus sih filenya, kalau di thumbnailnya gambarnya kaya gambar ‘tv rusak’

    @ Bagaimana mas Yusuf? Sepertiya banyak yang kena malware ini.

  14. lho bisa portable ya? keren banget kalo gitu.

  15. @dewan
    Mungkin anda harus mengirimkan file dbf yang terinfeksi ke saya terlebih dahulu untuk saya analisa. Mungkin anda bisa upload di tempat sample malware
    http://www.4shared.com/dir/2620108/280269d2/Malware_Sample.html

    @hendra
    Kembali lagi mungkin sample yang saya perlukan terlebih dahulu karena ada kemungkinan berbeda dengan malware yang saya maksudkan diatas.

  16. @ yusuf

    Dab,
    kemarin saya menemukan virus yg merubah file (semua jenis file) jadi gambar *.bmp, saya scanning pake bitdefender terindentifikasi sebagai Win32.IndoVirus.a (karena mau menginstal/mengeksekusi gucup dari flashdisk aja gak bisa, tiba-tiba seluruh file berubah jadi file gambar *.bmp kalo di thumbnail tampak gambar layar tv rusak).

    gimana mas caranya membasmi virus tsb, mau ngopi ataupun eksekusi tiba-tiba aja semua jadi file gambar🙂

    @sudah kirim sampel virusnya? Bisa kirim ke email saya, masarul@yahoo.co.id

    Menurut saya, coba copy GAV atau Ansav ke CD. Lalu buka GAV/ansav dari CD untuk membersihkan virusnya.

  17. ya… mas

    nanti saya copi ke cd dulu, kalo gak bisa sampelnya nanti saya kirim ke alamat emaail tsb….

    btw tadi saya mungkin ketemu virus baru, “kangkung45” (ketemunya ada di proses list ada program kangkung45 yg menghabiskan memori sehingga komputer jadi lambat banget) baru atau lama ya jenis virus/malware ini

    thank

    @dari forum vb-bego, ada yang memberitahukan program untuk mengembalikan file yg terubah ekstensinya menjadi bmp. Program terebut bisa didownload di

    http://www.4shared.com/dir/3186673/21774c69/FILE_KU.html

    Atau dari http://www.downloadtaxi.com/d/1183102295/

  18. Trimakasih yah GUCUP engkau telah meyelamatkan semua folder saya yang hilang (tersembunyi) akibat firus, walaupun telah di-scan dengan NORTON ANTIVIRUS dan AVG, AVAS, dan sebagainya, tapi dengan GAV (GUCUP) mu yang buatan luarnegeri (maksudnya Indonesia) kan luar negeri juga bagi negara lain…. lebih membantu kami….dan sangat berharga buat teman-teman di Universitas Tadulako yang banyak stress akibat virus-virus yang dibuat oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Smoga anda sukses selalu.
    Dan yang membuat program virus-virus komputer….semoga anda …tetap membuat virus yang bisa membuat anda kaya!!!

    Trima kasih
    M. Aswady
    Palu

  19. Waah.. jujur nih sangat membantu sekali.
    tapi gimana ya biar langsung banyak file yang di denkript?

    keren.

  20. @ satu untuk semua🙂
    Untuk rekan2 yang mencari GAV yg lebih baru bisa dilihat di http://antivirus.inf.uajy.ac.id

  21. Bagi rekan2 yang ingin mendapatkan Gucup Antivirus yang lebih baru, silahkan dilihat di http://antivirus.inf.uajy.ac.id/

  22. @Muh. Aswady
    Sama-sama Om. Makasih juga atas kepercayaannya menggunakan GAV

  23. Mas yusuf.. knp yach kok di PC saya GAV tidak bisa mendetek delf. AXZ trojan, di PC saya menggunakan nod32, AV itu bisa mendetek, tp file word yg kena virus akan di delete… saya sudah menggunakan GAV 2.5.6 dan GAV 2.6.0, semuanya sama.. tidak bisa membersihkan virus tsb… mohon bantuanya… TErikam KAsih..!!

  24. @rickk
    mas rik, dah biasa klo antivir manca memblok file yang dicurigai sebagai virus maupun telah terinfeksi virus.. jadi gak bisa di buka kmudian dianalisa.
    klo GAV / antivir lokal / tools lokal lainnya gak bisa detek delf. AXZ trojan padahal jelas jelas ada, coba matikan dulu antivirus mancanya.. kemudian scan lagi pake GAV / antivir lokal / tools lokal lainnya..
    nah moga – moga dah kedetek..

    smoga membantu

    @ Trima kasih info dan bantuannya

  25. Tetap aja ga bisa membersihkan… saya sudah matikan AV manca nya, saya mau membersihkan viruz delf.AXZ trojan di Flash Disk!! tetapi kok ga bisa yach?? file word yg di Flash disk sudah berubah semua menjadi .exe Mohon bantuanya!!!

  26. @dr-log
    Thanks for information. Informasi itu sangat benar sekali. Karena GAV sifatnya tidak real-time protection oleh karena itu setiap ada file yang merupakan malware maka langsung diambil alih oleh sang real-time.

    @rickk
    Coba anda matikan terlebih dahulu nod32nya kemudian resstart dan coba kembali scan dengan GAV. Apabila juga belum bisa terdeteksi mungkin anda bisa mengirimkan samplenya kepada saya melalui situs upload malware yang saya kelola.

  27. saya sudah uninstall nod32, lalu restart komp.. lalu saya scan lg menggunakan GAV.. versi “2.5.6” “2.6.0” “2.6.1” hasilnya sama saja.. tetap tidak terdeteksi…!! TP alhamdulilah virus itu sudah bisa di atasi dgn AV “lain” tetapi saya tetap salut dgn GAV, smoga makin sukses…!!

    kalo saya boleh tanya, gmn cara kirim sampel virus?!! langkah – langkah apa yg harus di kerjakan untuk mengirim sampel virus!!

  28. @rickk
    Coba anda upload ke sini :
    http://www.4shared.com/dir/2620108/280269d2/Malware_Sample.html

    Tinggal browse file yang ingin anda upload kemudian upload dah. Gampangkan. Jangan lupa di compress terlebih dahulu ya.

  29. mas gucup…. gimana?? virus sman 1 cisauk yang udah ada di forum virus.ognizer kok belum diperiksa????
    apa udah included di gav2.6.4?? tapi saya coba scan belum terdeteksi. mohon bantuannya mas gucup.

  30. @ubah_ceria
    Sorry Om, saya baru saja menyelesaikan wisuda dan kemarin memang super sibuk. Mungkin dalam beberapa hari ini akan saya analisa dan menambahkan ke GAV signatures yang baru nanti.

  31. salut buat mas gucup..semoga tetap semangat..btw no rekening bank-nya brp? gw mo nyumbang goban deh, sorii bgt bkn mo sok2an malah sori kalo kekecilan..gw salut ma fighting spirit mas gucup n bharap yang laen bisa jg ngehargai usaha mas gucup…wass.

  32. @aws
    He..he..he.. jadi enak nih. Mohon dukungan dan doanya aja ya biar ane dan GAV sukses kedepannya.

    Thanks ya for supportnya.

  33. mas Yusuf Theretsa Patiku, tolong sekalian cek mysharona. file doc-ku ilang semua isinya. ukurannya jadi 1 kb. di dlm cuma ada tulisan mysharona inside. fileku bisa dibalikin gak ya ?

  34. Mas bagaimana caranya supaya antivirusnya jalan tanpa download net framework ya
    abis 22.5MB sih, tau sendiri kondisi internet tanah air bisa semalaman tuh
    apalagi kalau orang yg ngerti programming, framework apaan sih😀

    thanks

  35. @agil
    Apakah anda punya sample virusnya ?

    @jon
    Hmm.. anda coba gunakan yang .NET Framework versi 1.1 saja. Semoga aplikasi yang dihasilkan dari bahasa pemrograman .NET selalu membutuhkan .NET Framework untuk menjalankan.

  36. sory keluar jalur bentar.

    KOK hari ini aku pake telkomnet instan ndak bisa buka google, yahoo, bonbon yah…..

    @ tanya kenapa? Ada yang tahu?

  37. Saya sudah download versi 2.7.1 tetapi tidak bisa jalan, apakah GUCUP bisa berdampingan dengan antivirus PCMAV, NOD32 atau NORMAN, karena ketiga virus tersebut bisa berdapingan dalam komputer saya, apakah antivirus tersebut yang membuat tidak bisa jalan ? mohon penjelasannya cara menjalankan GUCUP 2.7.1

    @mungkin anda belum menginstall .Net Framework .

  38. @All
    Telah di release Gucup Antivirus 2.7.4 dengan 389 Malware Signatures. Silahkan unduh di :

    http://antivirus.inf.uajy.ac.id

  39. @All
    Diberitahukan kepada semua user khususnya yang menggunakan GAV sebagai salah satu alternatif antivirusnya bahwa GAV 2.7.5 sudah dapat me-recover document akibat ulah dari malware fluburung yang menginject file document.

    @trima kasih mas gucup. Terus berkarya. Bravo !!🙂

  40. Gucup Antivirus 2.9.7 telah saya release.

    @terima kasih infonya

  41. keren om!!!!

  42. […] praktisnya, pakai ANSAVdi menu Plugins-Hidden Revealer atau Gucup Antivirus di menu tools-option-show hidden folder […]

  43. sekarang banyak anti virus2 lokal baru ya………..
    salah satunya yang saya temui adalah
    KISAV anti virus yang cukup lumayan ampuh si….
    kalo gakj salah link downloadnya di
    http://www.sumanto69.com

    update terus GAV nya…………

  44. hmm…Antivirusnya ampuh sekali,virus komputerku mati semua.
    Makasih ya antivirusnya

  45. mas gucup, mau tanya, gimana cara membedakan antara file word sama excel, karena penanda depannya khan sama kalau gak salah. Trims atas infonya.

  46. komputer saya terkenal virus free mine.exe.sehingga semua sistem berjalan lambat, dan yang lebih parah lagi data didalam flashdisk saya berubah menjadi tidak jelas dalam arti file-file dokumen word & excel berubah menjadi kotak-kotak dan yang ada diflashdisk pun hanya tinggal folder-folder yang tidak ada namanya dan tidak bisa dibuka..mohon pencerahannya dan bagaimana cara mengembalikan data dalam flasdisk saya….terimakasih

    • coba upload file virusata yg terinfeksi ke 4shared.com atau ziddu.com atau kitauplod.com, lalu kasih tahu linknya. nanti saya coba dulu. maaf, sy belum pernah terkena virus ini.
      coba aplikasi docrestore, lihat di xerion.4shared.com

  47. trims sarannya mas…moga2 updatenya terus berjalan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: