Memperbaiki File akibat ulah Kspoold


< Kspoold ….. kspoold ….kspoold . Lagi-lagi kspoold. Virus ini mengubah file berekstensi *.doc dan *.xls yang ada di flashdisk menjadi berekstensi *.exe. Selain itu, virus ini juga merusak file database yaitu dbf,mdf dan ldf. Virus ini menjadi selebritis di dunia pervirusan pada tahun 2007, menyaingi popularitas virus brontok yang terkenal di tahun lalu. Ini karena akibat yang ditimbulkan olehnya cukup menjengkelkan dan bikin pusing kepala.🙂 Bagaimana tidak pusing kepala jika file kita yang dengan susah payah dibuat dalam waktu lama tiba-tiba dihapus antivirus luar karena file tersebut terinfeksi kspoold. Selain itu, laporan keuangan instansi pemerintah (SAKPA dan SABMN )dan aplikasi gaji yang databasenya notabene adalah dbf menjadi macet karena aplikasi tersebut dabasenya (dbf) dirusak virus ini. Pemulihan file Ms Word dan Ms Excel yang ekstensinya menjadi exe dapat dilakukan dengan beberapa aplikasi di antaranya adalah   1. Doc/Xls recover yang dapat diperoleh dari http://adilmakmur.wordpress.com/2007/05/25/doc-xls-recover/

2. Exe 2 Doc yang dapat diperoleh dari http://www.ahlul.web.id/download/kespo

3. PCMAV Cleaner RC19 yang dapat diperoleh dari DVD/CD Majalah PC Media atau bisa juga didownload dari www.maseko.com yang rutin meng-upload anivirus ini tiap bulan.

4. Gucup Antivirus yang bisa diperoleh dari http://www.softpedia.com/get/Antivirus/GAV.shtml

5. Ansav yang bisa didownload di www.ansav.com

6. Yayat Antivirus yang bisa diperoleh dari www.chanal.biz atau dari www. vaksin.com/removal.htm

7. Aplikasi yang dipaketkan di Power Remover yang bisa didownload di www.donixsoftware.web.id

8. Recover my files yang bisa didapatkan di www.ebsoft.web.id

9. DocRecover dari DarkXerion di www.geocities.com/darkxerion/docrestore.zip

dan masih banyak aplikasi yang lain.

Dibandingkan cara memulihkan doc/xls, memulihkan file dbf cukup rumit. Buktinya, cukup lama sejak kemunculan kspoold, belum ada aplikasi untuk memulihkan dbf yag rusak. Untungnya, ada sebuah artikel menarik di di http://vaksin.com/2007/0707/kespo-dbf.htm yang isinya adalah cara untuk memulihkan dbf akibat kspoold. Adapun potongan dari artikel tersebut adalah sebagai berikut:

Langkah untuk merecover file DBF yang rusak oleh virus KSPOOLD (Sumbangan Bp. Ismuddin, veteran dbf Indonesia). Kerusakan data yang disebabkan oleh virus KSPOOLD adalah mengganti header dari file yang berekstensi DBF (Kalau file data dbf yg sudah diganti ekstensinya tidak diserang). Karena header setiap file dbf tidak sama ukurannya, ini tergantung dari jumlah field, maka untuk file yang jumlah fieldnya sedikit, virus bisa menyerang record. Hal ini saya perhatikan karena disengaja oleh pembuatnya agar ukuran file tidak berubah.  

Untuk memperbaiki header file dbf yang rusak bisa dilakukan dengan bantuan utility UltraEdit yang dapat di download versi trial nya di : http://www.tucows.com/preview/194610

Langkah perbaikan :

1. Buka file dbf yang rusak dengan UltraEdit. 

 2. Buka file yang masih baik dgn struktur yang sama dengan file yang rusak, atau buat file baru yang strukturnya sama dgn file yang rusak.

3. Blok header data yang clean mulai dari batas header dgn record sampai ke awal file, klik kanan pilih copy. 

 4. Blok header data yang rusak mulai dari batas antara header dgn record sampai awal file, klik kanan pilih paste. 

5. Simpan data yang rusak dgn cara masuk ke Menu, Pilih File lalu Save. Perbaikan data tahap pertama sudah selesai, hasilnya masih belum bisa dibaca oleh VFP, karena jumlah record yang tercatat pada data yang rusak tidak sama dengan yang di kopikan.

6. Perbaikan selanjutnya saya menggunakan tool yang berfungsi untuk memperbaiki header file dbf yg kerusakannya tidak parah dgn Tabel Repair Utility (Program Terlampir).

 7. Klik Pilih File, cari file yang disimpan melalui UltraEdit.

8. Klik Tombol Ganti Pada baris jumlah Record

9. Klik Tombol Ganti Pada baris ukuran file

10. Bila File yg Anda Recover mempunyai Field Memo sedangkan file memonya tidak tersedia, ubah Table Flag menjadi Has CDX File, kemudian klik Ganti.

11. Klik Buka File …untuk membuka file yang sudah di recover, pada bagian bawah terdapat record sampah, buang saja .. ! Data yang rusak sudah bisa diselamatkan. Berikut ini saya sertakan juga Program untuk perbaikan Tahap kedua setelah menjalankan UltraEdit Fix-dbf.zip (REPAIR.EXE dan MODULS.EXE) yang dapat didownload di www.vaksin.com/File/fix-dbf.zip <

10 Tanggapan

  1. info yang bermanfaat
    terima kasih

  2. Thanks, Pak. Smoga Tuhan membalas kebaikan ‘atas infox’ Bapak.

  3. […] *.doc yang terinfeksi virus, yang mana informasi mengenai program-program tersebut sudah saya tulis di sini . Alhamdulillah, beberapa file bisa di-recovery . Namun beberapa file belum bisa di-recovery oleh […]

  4. thanks atas info-nya. tapi untuk file word yang berukuran besar sampai ukuran mega byte dan berisi grafik, dan tabel yang di import dari MS. Exel, tool-tool diatas tidak dapat memperbaikinya. masih tetap tidak bisa dibuka saat setelah selesai merecovernya. mohon info nya dong..

    @coba anda pake hex editor untuk memperbaiki. Baca artikel di blog ini tentang recovery file akibat tunggul kawung. Semoga membantu. Maaf, pengetahuan saya masih terbatas.

  5. saya masih belum jelas mengenai keterangan diatas cara perbaiki data dbf yang terkena virus dan saya sudah lakukan trik yang dimaksud tapi ga berhasil tuh, bisa tolong lebih dijelaskan lagi ga ya ? makasih lo..!

    @maaf, saya hanya mengkutip dari vaksin.com, karena saya tidak punya sampel file dbf yang terkena kspoold. Kalau bisa, kirimkan file dbf anda yang terkena kspoold dan file dbf yg masih bagus (punya struktur tabel yang sama). InsyaAlloh saya coba. Saya juga masih belajar. Alamat email saya ada di tab Siapa Saya?
    Salam.

  6. Iya. hari ini 27 nov 2007, saya mengalami hal yg sama… database pemerintaahan hilang. ciloko ne, ngai yg jadi tertuduh mengingat daya/sumber daya orang pemerintahan masih di bawah rata-rata. data-data selama 7 tahun input data hilang….siapa lagi tertuduh utamanya jika bukan pembuatnya? dengan alasan harus ada uang..(pembuatnya butuh uang)

    Cara di atas kurang lebih dicoba (walaupun saya coba sebelum saya baca hal di atas) hasilnya lumayan berhasil baik.

    jadi memang hanya headernya yg tertimpah…
    itu sebabnya perlunya mengingatkan setiap orang untuk BACKUP (baik incremental maupun full backup) data..
    BACKUP maaaannn Backup…….
    uangnya jangan di koprupsi melulu… beli dong alat backupan (alat buat backup gitu loooh)….

    softeare yg saya pake cuma diskedit.exe dan filefix.exe dari norton utility…… dan banyaaakkk disket….

  7. pak, ni doc aku rusak. tidak bisa dibaca di ms word, tulisannya menjadi kotak22. gimana caranya bisa terbaca lagi????

    @coba pake docrestore di http://www.geocities.com/darkxerion/docrestore.zip atau pake hex editor yg sudah saya tulis di artikel tentang tunggul kawung

  8. pk doc… klo database nya berekstension *.db bisa ga..klo tetang kasus hampir sama yaitu di table header nya rusak..tolong ya pak tolong….
    bisa di balas ke e-mail saya
    zikri717@gmail.com

  9. artikel yang bapak muat disini sangat-sangat bermanfaat.
    saya salut dengan Bapak…. TERIMAKASIH…….

  10. Klo skrg mah, cukup pake Smadav atau PCMAV, beres. Tp sbg alternatif, rename aja filenya dan ubah ektensi exe menjadi doc, xls, atau ppt kembali. Tp sblmnya jgn lupa untuk setting folder optionnya dl, agar ekstensinya bs terlihat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: