Mencegah komputer tertulari virus dari flashdisk.


<

Komputer anda pernah kena virus? Data anda pernah hilang gara-gara virus? Biasanya virus-virus yang beredar di Indonesia adalah buatan lokal. Meskipun lokal, virus-virus ini tidak bisa dipandang remeh. Korbannya cukup banyak dan akibat yang dtimbulkan membuat jantung deg-degan seperti komputer yang dibikin macet, data disembunyikan, dihapus atau dirusak.

Dalam penyebarannya, virus-virus lokal memanfaatkan kelemahan pengguna komputer yang tidak jeli. Virus-virus ini menyamarkan dirinya dengan ikon folder, Ms word, Winamp dan lain-lain yang mana pengguna komputer akan terkecoh untuk mengeksekusi virus tersebut. Selain menyamar dengan ikon-ikon tertentu, virus-virus lokal terbaru memanfaatkan fasilitas autorun di Windows untuk menularkan dirinya ke komputer.

Dalam penyebarannya, selain mengggunakan internet, media yang dipakai virus-virus lokal biasanya adalah flashdisk. Media ini dipilih pembuat virus karena banyak orang yang memakai flashdisk sebagai media penyimpan file/data. Flashdisk adalah media penyimpanan yang cukup fleksibel dan mudah digunakan serta saat ini daya tampungnya cukup besar dan juga harganya cukup murah. Karenanya, komputer kita harus diamankan agar tidak tertular virus dari flashdisk.

dubalang

Untuk mencegah penularan virus dari flashdisk, kita bisa memanfaatkan fasilitas Software Restriction (buat pengguna MS Windows XP dan Vista) yang bisa dilihat caranya di sini. Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan aplikasi yang dibuat oleh Ahlul Faradish Resha, mahasiswa salah satu universitas di Yogyakarta, yaitu program yang dberi nama Dubalang. Program ini dapat diperoleh di www.ahlul.web.id.

Apabila komputer sudah terinstall Dubalang, maka Dubalang akan memantau komputer. Jika flashdisk ditancapkan di komputer, maka dubalang otomatis men-scan flashdisk dan mencegah tereksekusinya file-file yang ekstensinya sudah ditentukan (seperti vbs,exe,com, scr dan lain-lain).

Catatan: Dubalang juga bisa dikombinasikan dengan Antivirus Indonesia buatan Ahlul Faradish Resha yang juga bisa diperoleh di www.ahlul.web.id

7 Tanggapan

  1. cara dapetinya gratis atau bayar, kalo bayr brapa duit

    @gratis tis tis.. O:) tapi, kalau mau memberikan dana kepada pembuatnya sebagai wujud terima kasih, tentu dia dengan senang hati menerima

  2. bener ampuh ya???

    kalo g nyesel niy gw downloadnya//

    @ ya ndak usah nyesel, kan gratisđŸ™‚ coba aja dulu, kalo ndak puas, silahkan beri masukan. Kalo pendapat saya, program ini cukup membantu.

  3. Makasih infonya…, gak ada salahnya untuk dicoba. Tapi bisa akur gak ya, bila dikombinasikan dengan AVAST anti virus??

    @ InsyaAlloh akur

  4. Jual lisensi Norman (single user),

    Valid Until september 2008,

    ( dapet dari vaksin.com krn ngirim sample virus yg belum terdeteksi )

    silakan mail: xerophie@gmail.com

    Stock 3 license,
    Rp 150.000 / license
    ( bolehlah kurang dikit daripada gak dipake T__T )
    transfer via bank,

    thanks,

    @sudah laku,mas?

  5. saya punya problem dengan virus yg mengubah file doc/xls menjadi exe.ada ngga aplikasi yang bisa mengembalikan file itu kesemula.dimana didapatnya?gratis or bayar?

    @anda bisa pake
    1. plugin ansav-simple office recovery di http://www.ansav.com,
    2. Document recoverynya power remover di http://www.donixsoftware.web.id
    3. Doc xls recover-nya adil makmur di adilmakmur.wordpress.com
    4. Docrestore-nya xerion di http://www.geocities.com/darkxerion/docrestore.zip
    5. Rem-aniee-banker-nya macancrew di http://www.geocities.com/macancrew/
    6. Program recoverynya ebsoft di http://www.ebsoft.web.id

    Semuanya gratis!

  6. saya punya problem ne jd ini komputer saya kok akhir2 ini dikit dikit kok lola apa itu,ad hbunanya dengan virus,atau windowsnya sudah rusak ya,,,,,,,

    @maksudnya dikit2 lola itu apa? Error maksudnya? Bagaimana errornya?

  7. BTw bsa suport d Windows 7 g ????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: