Catatan si Joni (Cerita tentang autorun)


        Di suatu pagi pada jam istirahat, terjadi obrolan hangat antara Budi dan Beni di kantin sekolah. Mereka mendiskusikan masalah komputer Beni yang terkena virus.
“Bud, flashdiskmu yang kupinjam kemarin ada virusnya, ya?”
“Kayaknya ndak ada deh, soalnya aku update antivirusku tiap hari”, timpal Budi.
“Tapi, kenapa habis aku masukin flasdiskmu ke komputerku, tiba-tiba file MsWord-ku berubah menjadi file berekstensi exe?”, ujar Beni mengeluh.
Beberapa saat kemudian, Joni datang menghampiri mereka sambil membawa segelas es teh.
“Lagi ngomongin apaan sih, kok kayaknya seru banget”, tanya Joni sambil duduk di samping Beni.
“Ini Jon, komputerku kena virus setelah aku masukkan flasdisknya Budi”, jawab Beni.
“Kayaknya virusnya memakai autorun, jadi langsung jalan ketika kamu membuka flashdisk. Sebagian besar virus atau worm lokal menggunakan autorun untuk menyebarkan dirinya”, jawab Joni sambil minum es tehnya.
“Kayaknya sekarang ndak aman kalo pake flashdisk ya?”, Beni menimpali. “Soalnya banyak teman yang komputernya terkena virus dari flasdisk”, lanjutnya.
“ Aku ada tips supaya virus tidak bisa membuat autorun di flashdisk”, kata Joni.
Beni tertarik mendengar ucapan Joni. Dia membetulkan tempat duduknya.
“Bener Jon, bagaimana caranya?”, tanya Joni dengan mimik serius.
Kemudian Joni menerangkan tips hasil ujicoba di laboratorium miliknya.
“Begini, kamu bikin folder dengan nama autorun.inf, kemudian ubah atribut folder itu menjadi hidden, read only dan system dengan menggunakan attrib. Buka dos, lalu ketikkan attrib G:\autorun.inf +h +r +s /d /s , jika flashdiskmu ada di drive G. Cara yang sama juga bisa kamu gunakan untuk virus yang memanfaatkan desktop.ini dan folder.htt. Caranya kamu bikin folder dengan nama desktop.ini dan folder.htt, kemudian ubah atributnya menjadi read only, hidden dan system”.
“Thanks bro, nanti aku coba”, ujar Beni sambil menepuk punggung Joni.

Kemudian Joni melanjutkan penjelasannya, “Oh ya, Ben. Buat membersihkan virus/worm itu, coba pake power remover yang bisa kamu download di http://www.donixsoftware.web.id . Jika file MsWord yang berubah menjadi exe sama ukurannya, kemungkinan tidak mengandung aslinya. Kalau file aslinya disembunyikan, coba pake Set all attribute yang masih satu paket dengan Power Remover. Jika file-nya sudah dihapus, coba pake PC Inspector File Recovery yang bisa kamu cari di http://www.snapfiles.com . Dan jika file MsWord yang berubah ekstensinya menjadi exe ukurannya berbeda-beda, kemungkinan filenya diinjeksi virus tersebut. Untuk Memulihkannya, coba pake docrestore yang bisa kamu download di http://www.geocities.com/darkxerion/docrestore.zip .” Oh ya, untuk mengamankan komputer, coba salah satu tips yang dapat kamu baca di https://madsyair.wordpress.com/2007/07/20/cara-ampuh-melindungi-komputer-dari-serangan-malware/

Terdengar bunyi lonceng tanda masuk kelas. Mereka akhirnya mengakhiri perbincangan mereka dan kemudian masuk ke kelas masing-masing setelah membayar kue dan minumannya.

6 Tanggapan

  1. salam kenal

  2. mmm.. kok malah kebanyakan virus autorun mampu meng-overwrite autorun.inf yang telah kita buat dengan attrib hidden + read only + system…????

    @ yang kita buat adalah folder autorun.inf, bukan file autorun.inf. Kalau ada yang mencoba dan ternyata gagal, silahkan konfirmasi.

  3. ansav punya plug-in buat me misah antara file doc asli dgn file penyakit (Virus). jd ga perlu di recovery, kcuali kalau file aslinya di hapus. bisa di downlod di http://www.ansav.com

  4. […] ingat Cerita Joni? Dia menjelaskan tips mengamankan komputer dari autorun-nya virus dari flashdisk. Kini ada program […]

  5. WATCH MANOHARA MOVIE _http://www.sab0tage.co.cc/movie.html

    Peringatan, jangan buka link di atas. flashplayer di situs itu saya duga sebagai virus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: