Info Sementara Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) STIS Jakarta 2008/2009


Berhubung banyak pihak yang mencari informasi pendaftaran STIS 2008/2009, berikut kutipan info dari blog tentangstis.wordpress.com, yang mana pemilik blog ini katanya milik salah satu dosen STIS. Blog ini juga menyediakan Soal-soal tahun lalu. Ini adalah info sementara. Info ini akan saya update jika sudah menerima brosur resmi. Pertanyaan lebih lanjut. silahkan hubungi pemilik blog tersebut atau kampus STIS di Jl. Otista No. 64 C Jakarta Timur atau di BPS Propinsi Seluruh Indonesia.

STIS pada tahun akademik 2008/2009 menerima mahasiswa baru ikatan dinas (ID) dan Tugas Belajar (TB) instansi dengan persyaratan sebagai berikut:

  1. Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna dan bebas narkoba.
  2. Lulus SMA-IPA, Madrasah Aliyah Jurusan IPA.
  3. Nilai Matematika & B.Inggris minimal 7 pada raport kelas 3 semester I/II.
  4. Umur tidak lebih dari 22 tahun pada tanggal 1 Oktober 2008.
  5. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidkan sampai dengan lulus penempatan.
  6. Tidak sedang menjalani status Ikatan Dinas dengan Instansi lain.
  7. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID).
  8. Bersedia mematuhi aturan kedinasan STIS.
  9. Tinggi badan diharapkan *tdk mutlak*…syarat ini masih dikaji lagi

Apabila persyaratan tersebut diatas sudah terpenuhi, maka tatacara pendaftaran adalah sebagai berikut:

  1. Datang ketempat pendaftaran dengan membawa kelengkapan sebagai berikut:
    • Fotocopy Surat tanda kelulusan(legalisir).*bagi yg sudah lulus sebelum 2008*
    • Fotocopy Ijasah (Legalisir. * bagi yg sudah lulus dan menerima ijasah*
    • Fotocopy Raport kelas 3 semester I/II.
    • Passfoto terbaru berwarna ukran 4×6 sebanyak 5 lembar.
  2. mengisi formulir pendaftaran serta menyerahkan dokumen yang disyaratkan pada no 1 kepada petugas pendaftaran.
  3. mengganti biaya pelaksanaan tes ( tahun 2007 sebesar 150 rb,utk th 2008 estimasi 160rban).
  4. mengembalikan formulir pendaftaran kepada petugas pendaftaran.
  5. Menerima kartu tanda peserta ujian masuk (KTPUM) yang wajib dibawa pada setiap tahapan seleksi.

Tempat Pendaftaran

Jakarta: awal Juni 2008 -pertengahan Juli 2008 Kampus STIS Jalan Otto Iskandardinata No 64 C Jakarta Timur 13330 telp. (021)8191437, 8508812, fax (021)8197577.

Luar Jakarta: awal Juni 2008 -awal Juli 2008 di Kantor BPS Propinsi (kecuali DKI Jakarta) dan kantor BPS kab/kota tertentu di seluruh Indonesia.

Tahapan Seleksi

  • Tahap I : Tes akademik tertulis Matematika, Bahasa Inggris dan Pengetahuan Umum.
  • Tahap II : Psikotes dan Wawancara (Interview).
  • Tahap III : Tes Kesehatan (biaya ditanggung peserta Tes).

Ketentuan Mahasiswa baru STIS

  • Lulus tes tahap I, II, III ( setiap tahap berlaku sistem gugur ).
  • Mengikuti kegiatan MasaIntegrasi Pendidikan Kampus (MAGRADIKA) dan Oubound.
  • Menandatangani Surat perjanjian Ikatan Dinas (SPID).
  • Menaati peraturan kedinasan STIS
  • Program D1 segera akan dimulai pada tgl 2 Juni 2008 dengan jumlah mahasiswa D1 sebanyak 254 orang
  • Program DIV tahun ini akan menerima 8-9 kelas @35-40orang sekitar (sekitar 300 orang)

Jadwal PMB 2008/2009…untuk tahun ini…

  • Pendaftaran STIS……….. 2 Juni 2008 – 12 Juli 2008
  • Ujian Tahap I ……………. 26 Juli 2008
  • Ujian Tahap II …………… 23 Agustus 2008
  • Ujian Tahap III ………….. 10 – 12 September 2008
  • Pengumuman …………… 26 September 2008
  • Registrasi ………………… 6 – 8 Oktober 2008
  • Kuliah Perdana …………. 11 Oktober 2008

41 Tanggapan


  1. COBA LIAT SITUS:
    rompaklah-malingsia.blogspot.com

  2. STIS ini ikatan dinas,,
    Apa pada saat kuliah nanti saya akan dikenakan biaya???
    atau sepenuhnya mendapat beasiswa dari pemerintah???Tlong dijawab/kirim ke E-MaiL saya
    Terima Kasih

  3. Apa pada saat kuliah nanti saya akan dikenakan biaya???
    atau sepenuhnya mendapat beasiswa dari pemerintah???Tlong dijawab/kirim ke E-MaiL saya
    Terima Kasih

  4. kLo leh tau Tes KesehatanNy pa Aj???tlg d Jwb d Email Saia Y!!!! tengkYu!!!!!!!!!

  5. Mo tanya. . .klo udah daftar STIS boleh daftar sekolah kedinasan yang lain tidak?
    tolong di jwb. .
    trim’s

  6. menurut kabar yang saya dengar, masuk stis harus ada yang “bawa”
    apa benar???
    trus gimana nasib anak2 yang pintar tapi tidak ada koneksi??
    tolong jawab di e-mail saya
    makasih sebelumnya…………

  7. kalo udah daftar STIS boleh daftar sekolah kedinasan yang lain ga??
    jawab ia..
    jawabnya di e-mail saya ajah..
    th’x.

  8. di stis ga ada yang “bawa”,,kami beda ma sekolah kedinasan lain,,ga perlu koneksi-koneksi segala yang penting daftar dan lulus tes..ga pake suap-suap,,itu haram di stis
    klik statistik

  9. Maaf, saya tdk bisa balas via email, krena akses internet terbatas di daerah saya.
    Untuk pertanyaan tes kesehatan, silahkan baca salah satu jawaban komentar saya di artikel pmb stis 2007 di blog ini.
    Sekolah di stis ditanggung negara, jadi tidak keluar biaya. Kecuali untuk awal kuliah ada biaya seragam, outbond, dll. Keterangan lengkap silahkan hubungi langsung panitia PMB
    Menurut pengalaman dan informasi, saya belum pernah mendengar mahasiswa ‘bawaan’ di stis. Karena mata kuliah di stis cukup susah (terutama bagi saya yg kemampuan belajar pas2an). Dan mahasiswa stis bisa di-DO jika kemampuan akademisnya lemah. Percuma jadi mahasiswa bawaan jika tidak mampu mengikuti mata kuliah di STIS.

    Oh,ya. Saya harus mencoba dua kali ikut tes masuk, baru bisa lolos. Bahkan ada yg sampai tiga kali.

    Jika ada yg menemukan praktek seperti itu, silahkan mengadukan ke BPS (inspektorat) atau ke STIS.

    BPS memerlukan sdm yg berkualitas agar kualitas statistik semakin meningkat.

  10. soal pmb stis tahun sebelumnya dapat di lihat di mna y?terimakasih

  11. tolong yah diperjelas lagi masalah jadwal2 tes yang akn diselenggarakan stis.cz ni jadwalna tahun2 kemarin apa jadwal taun ni sama dgn jadwalna tahun kemarin terimakasih.

  12. rencana’na saya ngin ikutan tes stis th ini. Kalau leh saya ngin tau kunci jawaban ujian stis th kemarin beserta soal bwat di pelajari. Truz mengenai psikotesnya syaratnya apa n tes kesehatan’na pa ja? Plizzz krim ke e-mail saya. Thx sebelumnya….!!!

  13. tes yang tahap prtama ,yang 3 plajaran thu dalam sehari ya???

    @iya

  14. selamat ya..buat adik saya elvis di STIS Jakarta semoga sehat dan semangat selalu oke..

  15. ass.
    saya minta mata kuliah di STIS ya.
    mksh.
    @ banyak mas. coba lihat i website http://www.stis.ac.id

    yg saya ingat sih, statistik dekriptif, probabilita, kalkulus, statistik matematika, metode statistik, aljabar linier, metode penarikan sampel, survei sampel, manajemen, pemrograman, database, ekonomi, kependudukan, dan lain2

  16. mau nanya neh, tggl 10 Sept kn aq dah tes kesehatan, nah ada tes yang ngraba2 bgian tubuh yg intim..
    tu skalian tes kperawanan atau cm mw meriksa punya pnykt brt ga ky kanker atau pa gtu..
    blz ke emailku, ya…

    @kalau cowok tes apanya dong? Ada-ada saja. Tesnya sesuai yg dipengumunan

  17. aku mau tanya..tolong klo bisa jawab di emailku yaw..peting soale…

    aku taun depan rencana mau daftar ke STIS,,,tapi tanganku pernah patah,terus sekarang dijahit, jadi ada bekas jahitan di tanganku..terus bekas jahitam itu pengaruh gak sama tes kesehatan di STIS????
    makasih sebelumnya…

  18. aku mw tx,
    soal2 PMB thn kmren bs d lyt dmn???
    truz kl tes kudu d jakarta y?????
    untuk yhn 2009,brp mhsiswa yg mo d ambil???
    lz k EmailQ ych….thxb4

  19. Gedungnya mdh”an cpt slese..Amin..

  20. saya minat di STIS,nih….
    untuk lihat bank2 soal PMB tahun lalu dimana, y?
    terus
    ada nggak syarat2 yang beda tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya?

    bLs ke email saya, Y
    thank you ^_^

  21. susah banget cari daftar nama nama dosen sama spesialis mata kuliahnya….please send me to my email

  22. syarat pendaftaran STIS tahun 2009/2010 sama atau tidak seperti tahun 2008 kemarin???
    dan soal-soal msuk STIS tahun 2008 ada tidak???
    terimakasih

  23. ASSLM. stis… . . . . . .
    KAPAN & tanggal berapa pendaftaran STIS periode 2009/2010? ? ? ? ? ? ?
    please jawab yaaaaaa>>>>>……..
    coz aq pengen babget kuliah di STIS.

  24. @Joni Warman
    biasanya jadwal tiap tahun tidak jauh meleset. kemungkinan pendaftaran mulai bulan juni

  25. stis itu menrut saya adalah sekolah tingkat tinggi yang tidak baik karena biayanya sangat mahal sekali dn saya tidak mampu untuk mebayar, coba saja biayanya itu dikorting sampai dengan 99%

    @ Dimana mahalnya? Gratis kok mahal!!! Binun🙂

  26. pada kolom persyaratan tertulis bahwa siswa lulusan SMA-IPA atau Aliyah_IPA,jadi tertutup kemungkinan anak SMK jurusan manajemen dan bisnis mendaftar ke STIS?????

  27. Kapan sih … brosur terbaru pengumuman PMB STIS tahun akademik 2009-2010 akan di-Uploude , udah banyak yang nanya nih ….?

  28. kalo mo ngunduh soal STIS tahun 2008, pradiksi soal-soalnya dimana ya….. tolong tar kirim ke emailku ya. pleeasse …….
    thank u.

  29. kata y stis tidak ad ikt. dinas lg . . apa benar ?
    truz klu mo dftar g mana ,saya tinggal di PLG
    cara2 y g mana ??
    tLong bles ke email ku . . Thank’s

  30. saya mau tanya untuk PMB STIS 2009 thn akademik 2009/2010,, STIS memiliki daya tampung berapa ya ??
    tolong dibalas ya ke email-ku…!!

  31. STIS bisa terima dari SMK ga???
    soalnya saya ingin sekali masuk ke STIS

  32. kak, susah mana tes stis atau stan??
    trus daya tampung stis berapa??
    tes kesehatannya apa aja??
    nyari soal2 tahun kemaren dimana??
    bales k email aku ya kak…
    Arigatou..

  33. Assalamu’alaikum……….tolong kirimkan soal + kunci jawaban pmb stis 2009 ke e-mail saya,……….makasi

  34. saya kan masih nak SMA Kelas 3 skarang . trus rencana’ya insya allah mo masuk STIS .. trus saya mau tau pendaftaran masuk STIS tahn 2010 diadakanya kpan yah? dan STIS mnerma brapa mahasiswa bwat tahun 2010? dan bagaimana mekansme persyaratan dan caranya? tlong dijawab yah! terima kasih.

  35. Buat anak-anak alumni SMA N 2 Manokwari, semangat terus ya. Buktikan bahawa kalian bisa.
    Berikan yang terbaik.

  36. kak katanya di STIS ada program beasiswa gratis kuliah gtu yah mang di bidang apa sih kak terus gmana caranya??
    thk,,,,,,,

  37. saya mo tanya kpn dan tgL brp ya PMB STIS 2009/2010,
    dan
    bgmNa program beasiswa gratis kuliah nya
    makasiH…

  38. pendaftaran 2011 kapan ia???

  39. mohon infonya dong

Tinggalkan Balasan

